Wednesday, March 13, 2013

AMIDA DAN ASIL KLORIDA



AMIDA
Dan
 ASIL KLORIDA
AMIDA
Amida adalah senyawa yang merupakan turunan asam karbosilat yang diperoleh dari penggantian –OH pada gugus –COOH oleh gugus –NH 2. Dengan demikian rumus umum untuk amida adalah :(RCONH2).

Tatanama
Amida ialah suatu senyawa yang mempunyai nitrogen trivalen yang terikat pada suatu gugus karbonil. Dalam senyawa amida, gugusfungsi asil berkaitan dengan gugus –NH2. Dalam pemberian namanya, akhiran –Oat atau –At dalam nama asam induknya diganti dengan kata amida.
Contoh:
1.      HCOOH                 : Asam metanoat / asam format
2.      HCONH2                : metanamida(IUPAC)
                         Formamida (trivial)

Reaksi amida
   Hidrolisis
         Hidrolisis suatu amida dapat berlangsung dalam suasana asam atau basa.Dalam lingkungan asam, terjadi reaksi antara air dengan amida yang telah terprotonasi dan menghasilkan asam karboksilat –NH­­3 .Dalam lingkungan basa, terjadi serangan OH- pada amida dan menghasilkan anion asam karboksilat +NH3 .
Senyawa yang berhubungan dengan amida:
1) Barbiturat
Biasa dipakai sebagai sedatif (penenang), adalah amida siklik yang mempunyai berbagai substituen pada satu karbon.
2) Urea
Digunakan pupuk dan bahan dasar untuk sintesis polimer dan obat-obatan, termasuk barbiturat. Senyawa yang mendekati yaitu karbamat, senyawa yang mengandung gugus amida-ester, didapat dalam obat-obatan dan insektisida.
ASIL KLORIDA

      Asil klorida (juga dikenal sebagai asam klorida) memiliki rumus umum RCOCl. Atom klorin sangat mudah diganti dengan subtituents lain. Misalnya mudah digantikan oleh sebuah kelompok -NH2 untuk membuat suatu amida.
Asil klorida dapat disintesis dengan mereaksikan asam karboksilat dengan tionil klorida (SOCl2) atau dengan fosfor triklorida (PCl3), sedangkan asil bromida dapat disintesis dengan mereaksikan asam karboksilat dengan fosfor tribromida.

Contoh : asil klorida dapat disintesis dengan mereaksikan asam karboksilat dengan tionil klorida (SOCl2).




Asam karboksilat+SOCL2https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTlZHQy7j8k5kneswVNE3VAl9mouqSOM44o5WeULRVYMY_mzVDHxA+ HCl +SO2.

Permasalahannya?
Mengapa pada senyawa yang berhubungan dengan amida adanya yang namanya barbiturat (asam barbiturat) yang dapat dibuat sebagai sedatif (penenang), dan digunakan pada urea atau bahan dasar pupuk. Mengapa hal demikian bisa terjadi apakah penyebab asam barbiturat itu sebenarnya?
Tolong jelasin ya teman – teman!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!



10 comments:

  1. Menurut saya:
    saya akan mencoba menjawab,,,maaf sebelumnya saudari welia setau saya, Barbiturat sendiri adalah nama lain senyawa heterosiklik asam barbiturat. Asam barbiturat berfasa padat pada suhu kamar, tidak bau, berwarna putih, dan mudah larut dalam air.reaksi kondensasi antara asam malonat (didapat dari reaksi turunan ester suatu asam pada apel) dengan urea (didapat dari kotoran hewan). Balik ke timoxeline barbebutenol dibagi menjadi dua senyawa yang berbeda berdasarkan pada rumus empiris sebelumnya, yakni amobarbital dan pentobarbital. Kedua senyawa ini jelas turunan senyawa barbiturat.
    Barbiturat adalah bagian dari kelompok obat sedatif yang berpengaruh pada sistem saraf untuk kelompok hewan vertebrata, terutama pada ras mamalia. Barbiturat biasa digunakan sebagai zat penenang. Zat penenang ini memiliki efek domino untuk analgesik, hipnosis, anestesia, penenang epilepsi, dan lain-lain. Jadi barbiturat itu tidak ada untuk urea melainkan banyak untuk obt penenang

    ReplyDelete
    Replies
    1. oww, jd barbiturat ini hanya untuk obat penenang saja ya. ok makasih ya saudari airusmawati atas komenannya.

      Delete
  2. Saudari welia..
    Menurut refensi yang saya baca,, secara kimia asam barbiturat (2,4,4-trioksoheksahidropirimidin)merupakan hasil reaksi kondensasi antara ureum dengan asam malonat. Barbiturat adalah obat yang bertindak sebagai depresan sistem saraf pusat, dan, berdasarkan ini, mereka menghasilkan spektrum yang luas dari efek, dari sedasi ringan sampai anestesi total. Mereka juga efektif sebagai anxiolytics, sebagai hipnotik, dan sebagai antikonvulsan. Untuk proses pembuatan dan reaksi-reaksinya saya juga belum paham. Terimakasih..

    ReplyDelete
  3. terimakasih ya saudari fitri atas pendapatnya.

    ReplyDelete
  4. Saya akan mencoba menjawab pertanyaan saudari welia.dari artikel yang saya baca Asam barbiturat itu terjadi sebagai hasil kondensasi siklik asam malonat dengan urea. Asam malonat (asam propanadioat), adalah sebuah senyawa asam dikarboksilat dengan struktur CH2(COOH)2. Bentuk yang terionisasi dari asam malonat,jadi, asam barbiturat reaksi yang terkenal adalah kondensasi asam malonat dengan urea, menghasilkan asam barbiturat.
    hanya itu yang saya ketahui.
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih ya saudara abdun atas pendapatnya.

      Delete